7 Tanda Awal Kanker Usus Yang Tidak Boleh Diabaikan

Kanker usus adalah salah satu yang paling berbahaya dan mematikan dalam jenis kanker. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hal itu mempengaruhi 10-15% dari populasi dunia. Ketahui sekarang juga tentang 7 Tanda Awal Kanker Usus Yang Tidak Boleh Diabaikan.

Itu terjadi ketika usus besar sel-sel tumbuh tak terkendali dan menyebabkan benjolan pada lapisan usus besar. Seperti dengan jenis lain dari kanker, dapat menyerang tubuh dengan cepat dan juga menyebabkan banyak kesulitan.

7 Tanda Awal Kanker Usus Yang Tidak Boleh Diabaikan

Ini sangat serius dan ada risiko tinggi mengembangkan kanker jenis ini jika anda memiliki polip usus besar, riwayat keluarga dari penyakit atau jika menderita kolitis ulseratif. Deteksi tepat waktu dan pengobatan medis dapat meningkatkan harapan hidup mereka yang menderita kanker jenis ini.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui gejala awal dari kanker usus dan, tentu saja, pergi ke seorang spesialis dalam kasus ini. Mari kita lihat sama-sama 7 gejala yang harus diwaspadai.

Baca juga :

1. Perubahan Kebiasaan Buang Air Besar

Sembelit dan diare mungkin terkait dengan kelainan pada sel-sel usus besar. Memiliki gerakan usus tidak lengkap, inkontinensia usus atau tipis tinja secara teratur sudah cukup untuk berkonsultasi dengan dokter.

Meskipun gejala-gejala ini hampir selalu cenderung untuk timbul karena kebiasaan buruk atau kondisi-kondisi umum, hal ini diperlukan untuk mempertimbangkan mereka sebagai faktor risiko dari kanker jenis ini.

2. Ada Darah Dalam Tinja

Menurut Cleveland Clinic, adanya darah dalam tinja anda, adalah salah satu tanda yang paling menonjol dari kanker usus. Meskipun beberapa gangguan pencernaan yang dapat menyebabkan gejala ini, penampilan bisa mengindikasikan adanya tumor di usus.

Selain itu, ini adalah tanda umum di antara orang-orang yang berada pada risiko penyakit seperti :

  • Gastritis.
  • Kolitis ulseratif.
  • Penyakit Crohn.
  • Sembelit kronis.

3. Anemia

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh penurunan sel darah merah, yang bertanggungjawab untuk mengangkut oksigen ke semua sel dalam tubuh. Orang-orang yang menderita ini sering merasakan kelelahan parah dan kelemahan juga.

Mereka mengalami hal ini bahkan ketika mereka sudah tidur nyenyak dan makan dengan sehat. Meskipun hal ini dapat disebabkan oleh genetik atau faktor gizi atau kehilangan darah yang berlebihan, kanker usus tidak boleh dikesampingkan sebagai salah satu penyebabnya.

4. Sakit Perut

Ini sangat sulit untuk mempertimbangkan sakit perut sebagai tanda dari kanker karena gangguan pencernaan atau perut adalah penyebab umum pada masalah itu dalam kebanyakan kasus. Namun, ketika hal ini terjadi berulang dan entah kenapa, sangat penting bahwa dokter spesialis secara menyeluruh menganalisis masalah.

Fakta bahwa rasa sakit ini muncul tiba-tiba dapat menunjukkan bahwa ada sesuatu yang mengubah lingkungan dalam usus. Hal ini juga dapat menunjukkan perubahan pada flora bakteri atau menjadi tanda bahwa sel-sel di daerah ini tumbuh secara berlebihan.

5. Penurunan Berat Badan Mendadak

Tentu saja, penurunan berat badan adalah salah satu hal yang hampir semua orang ingin. Namun, hal ini biasanya dicapai dengan mengikuti diet sehat dan olahraga teratur. Jika itu terjadi tiba-tiba dan mudah, ini hampir selalu merupakan tanda dari beberapa jenis penyakit.

6. Muntah

Muntah yang disebabkan oleh gangguan pencernaan atau kesulitan mencerna makanan adalah normal dan biasanya hilang dalam waktu singkat. Namun, ketika itu muncul berulang atau disengaja gejala atau muncul tanpa alasan yang jelas, maka hal ini dapat menjadi khawatir.

Meskipun jenis muntah dapat disebabkan berbagai masalah kesehatan, kanker usus biasanya memprovokasi itu. Hal ini karena sel-sel usus mulai berperilaku abnormal. Hal ini, pada gilirannya, biasanya mengarah ke dehidrasi, kelelahan dan kelebihan keasaman.

7. Kelebihan Gas

Kelebihan gas di dalam usus yang disebabkan oleh perubahan bakteri flora menjalani perkembangan kanker usus. Itu adalah, tentu saja, gejala yang biasanya dapat dikaitkan dengan perubahan lain dalam tubuh. Hal ini karena makan makanan tertentu, penyakit umum dan kebiasaan yang tidak sehat juga dapat menyebabkan gejala ini.

Mengetahui cara mengidentifikasi gejala-gejala ini dan menganalisis bagaimana berulang mereka adalah penting dalam rangka untuk mencapai tepat waktu deteksi penyakit. Memiliki dua atau lebih gejala ini pada saat yang sama adalah alasan yang cukup untuk meminta tes medis secara relevan.

Koloklin Capsule | Tanda Kanker Usus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *