12 Makanan Untuk Melancarkan Buang Air Besar

Apakah Anda tahu apa yang lebih menakutkan dari Senin Pagi? yaps betul jawabannya susah bab, dan ujung-ujungnya sakit perut yang sangat hebat dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika Anda sembelit, maka dalam perut mengandung gas yang akan Anda bawa terus sepanjang hari dan itu sungguh sangat mengganggu.

Susah Buang Air Besar

Makanan yang dikhususkan untuk melancarkan buang air besar sangat membantu untuk menghindari sembelit karena makanan-makanan tersebut sangat kaya akan kandungan serat. Agar perut Anda tenang kembali, Anda perlu mengkonsumsi banyak roughage dalam makanan yang Anda konsumsi. Roughage pada dasarnya adalah massa berserat makanan yang tersisa setelah semua nutrisi telah dihapus dari mereka. Massa serat ini berupa makanan yang dapat membantu kotoran bergerak melalui usus besar dengan lancar.

Selain serat makanan, makanan untuk gerakan usus halus juga perlu memiliki cairan. Air membantu untuk menghindari sembelit dan flush racun dari sistem Anda. Berikut adalah beberapa makanan terbaik untuk melancarkan buang air.

Selain serat makanan, makanan lainnya juga harus memiliki kandungan air guna melancarkan gerakan usus halus. Kandungan air dalam makanan yang cukup dapat membantu untuk menghindari sembelit dan memflush racun dari sistem tubuh Anda. Berikut dibawah ini adalah 12 Makanan Untuk Melancarkan Buang Air Besar.

1. Kacang

Kacang-kacangan mempunyai banyak serat di dalamnya. Cobalah untuk mengkonsumsi buncis dan kacang karena mereka sangat baik untuk menenangkan perut Anda yang sedang sembelit.

2. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau kaya serat makanan. Selain memberikan Anda banyak nutrisi seperti Vitamin K dan C, mereka juga membantu untuk menjaga Anda buang air besar secara teratur.

3. Buah Jeruk

Buah jeruk umumnya sangat kaya serat. Jeruk manis, atau apapun itu jenisnya, jeruk merupakan buah-buahan yang berserat. Tapi cobalah Anda hindari jus buah jeruk karena mereka dapat memotong isi serat didalamnya, konsumsi jeruk sebagaimana mestinya.

4. Jelai

Jelai adalah gandum yang membantu perut Anda bergerak dengan lancar. Ini bukan sebagai starcy sebagai beras tetapi memiliki banyak roughage di dalamnya bersama dengan Vitamin B 12.

5. Air

Air minum dan cairan sehat adalah faktor yang paling penting dalam menjaga perut Anda agar tidak terganggu. Air sangat penting untuk menjaga usus sehingga dapat dengan mudah berpindah. Anda perlu minum 4-6 liter air sehari-hari.

6. Buah Pepaya

Buah ini adalah benar-benar menjadi obat alami untuk sembelit. Pepaya memiliki kapasitas untuk mencerna semua makanan Anda dan juga untuk menjaga kotoran Anda dalam tekstur supaya bergerak dengan mudah.

Baca juga : Obat Pembersih Usus

7. Jagung

Jagung biasanya diberikan kepada perempuan hamil yang mengalami sembelit. Jagung memiliki gandum yang tidak banyak mengandung kalori tetapi memiliki cukup serat makanan untuk membersihkan perut Anda secara teratur.

8. Buah-buahan Kering

Buah-buahan kering sangat efektif dalam mencegah sembelit karena mereka kaya akan serat. Yang terbaik dalam hal ini adalah Plum tetapi bahkan kismis biasanya tersedia tidak jauh di belakang.

9. Buah-buahan Kaya Air

Buah-buahan yang memiliki lebih banyak kadar airnya dapat membantu untuk menjaga usus besar Anda berfungsi dengan baik. Buah-buahan seperti semangka, melon musk dll mempunyai kandungan cairan yang sangat besar.

10. Millet

Millet adalah gandum yang merupakan salah satu yang paling sehat di dunia. Hal ini seperti sereal yang mengandung protein juga. Memiliki millet beras atau gandum dapat membantu mencegah sembelit.

11. Pisang

Pisang sangat bagus untuk menghilangkan sembelit karena memiliki banyak serat. Selain memberikan Anda energi instan, itu membuat gerakan usus Anda bergerak secara teratur.

12. Berry

Berries adalah jeruk buah-buahan yang kaya antioksidan. Tapi selain itu, mereka juga mengandung banyak serat makanan yang membantu dalam meredakan gangguan perut setiap pagi.

One thought on “12 Makanan Untuk Melancarkan Buang Air Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *